Minggu, 09 Desember 2012

contoh soal tanya jawab TIK


 Sebutkan domain name yang digunakan dalam internet ?
* about = ihwal
* account = akun
* attachment = lampiran
* bandwidth = lebar pita
* bookmarks = tandai
* broadband = pita lebar, jalur lebar
* browser = peramban, penjelajah
* bulletin board = papan buletin
* chat = obrol, obrolan, rumpi
* crash = bertabrakan (biasa untuk perangkat lunak/keras bermasalah)
* collission = tabrakan data
* connection = sambungan
* copy = salin, kopi, ganda
* cut = potong
* cyberspace = dunia maya
* database = pangkalan data, basis data
* delete/del = hapus
* device = perangkat
* domain = ranah
* download = ambil data, unduh, muat turun
* edit = sunting, ubah
* e-mail = imel, ratel / surel / surat-e (surat elektronik), posel (pos elektronik), surat digital
* forward/fwd (e-mail) = terusan
* home = beranda
* homepage = laman
* hosting = hosting
* interferensi = gangguan signal (berkaitan dengan signal wireless)
* install = instalasi pasang
* interface = antarmuka
* keyword = kata kunci
* lag = lambat
* link = taut, kait, pautan, pranala
* load = muat
* login / log in / log on / logon = log masuk, masuk log, lihat sign in
* logout / log out / log off / logoff = log keluar, keluar log, lihat sign out
* network = jaringan
* newsgroup = kelompok warta, kelompok diskusi
* mailing list = milis, senarai, forum ratel
* network = jaringan
* networking = jejaring
* off line = tidak terhubung, terputus, luring (luar jaringan)
* online / on line = terhubung, tersambung, daring (dalam jaringan)
* passphrase = frase sandi, kalimat sandi
* password = kata sandi
* paste = tempel, rekatkan
* preview = pratonton, pratilik, pratayang
* internet service provider = penyelenggara jasa internet
* save = simpan
* scan = pindai
* setting = pengaturan
* server = peladen
* share / sharing = berbagi
* sign in / signin / sign on = catat masuk, lihat login
* sign out / sign off = catat keluar, lihat logout
* site = situs
* surfing = berselancar, selancar maya
* update = pemutakhiran, pembaruan
* upload = unggah, muat naik
* user = pengguna
* username = nama pengguna
* virtual reality = realitas maya
* webpage = halaman web
* website = situs web
* wireless = nirkabel

Istilah lain

* japri, (jalur pribadi) biasanya istilah ini muncul di forum umum seperti milis atau web forum, kata japri digunakan oleh seseorang yang menghendaki komunikasi dilaksakanan melalui jalur pribadi, biasanya mengacu pada media email.
* jalum atau jarum, (jalur umum)
* jambat, (jalur lambat)
* jamban, (jalur lamban)
* jambat, dapat dimengerti sebagai "tarik".
* pertamax, yang pertama memberi komentar atau mereply thread di forum (sangat populer di Kaskus)
* junk, merujuk pada hal yang tak berguna di internet.
* Pejwan, merujuk pada halaman pertama dari suatu thread. (Dari bahasa inggris, page one)
* Repsol, atau Repost menulis lagi thread yang sama atau serupa (Kaskus; Indowebster)
* AKA, (Also Known As) istilah lain Alias
* Bata, reputasi jelek (umumnya di Kaskus)
* Cendol, reputasi baik
* BW, (Bandwidth) kecepatan akses
* Admin, Administrator
* Captcha, pemeriksaan keamanan untuk menghindari spam otomatis

2.       Jelaskan langkah-langkah mencari informasi mengenai tsunami dengan menggunakan mesin pencari Google ?
Untuk mendapatkan informasi yang tepat sesuai keinginan kita diperlukan trik-trik tertentu dalam mengetikan kata kuncinya agar proses pencarian lebih akurat, misal anda ingin mencari informasi mengenai handphone, mengetikan kata handphone tidak akan memberikan hasil yang terbaik, mungkin informasi yang anda inginkan ada di antara beratus-ratus ribu hasil yang diperoleh.

Baiklah sekarang saya akan sedikit menjelaskan beberapa trik mencari informasi di internet dengan menggunakan mesin pencari 
google.


  • Gunkanlah kata kunci yang spesifik sesuai dengan apa yang ingin anda cari, penggunaan huruf besar dan kata-kata umum seperti the dan and akan diabaikan demikian pula dengan kata yang hanya satu karakter seperti a akan diabaikan oleh mesin pencari.

  • Gunakan tanda kutip (") di awal dan akhir kata kunci untuk mempersempit pencarian agar informasi yang diinginkan sesuai dengan kata kunci yang diinginkan, misalnya pencarian dengan kata kuncikomputer bekas akan sedikit berbeda dengan "komputer bekas"


  • Gunakan tanda minus (-) sebelum kata yang diinginkan, misalnya anda akan mencari handphone baru yang bukan merek nokia maka kata kuncinya handphone baru -nokia Gunakan sebanyak-banyaknya tanda minus di depan kata yang tidak diinginkan untuk mempersempit pencarian.  


  • Selain tanda minus pemakaian tanda plus (+) juga bisa digunakan, fungsinya untuk menambahkan kata yang ingin dicari misalnya anda ingin mencari informasi mengenai tsunami yang terjadi di aceh dan pangandaran, kata kunci yang bisa anda gunakan yaitu tsunami aceh +pangandaran.


  • Perintah OR (hurup besar semua) misal kita akan mencari ponsel baru merek nokia dan samsung kata kunci yang bisa kita gunakan yaitu ponsel baru nokia OR samsung.   


  • Jika ingin mencari informasi khusus dari situs tertentu menggunakan google tulis saja kata kunci yang diinginkan diikuti oleh kata site dan titik dua (:) lalu alamat situs yang dimaksud. Contohnya anda ingin mencari informasi mengenai gempa bumi dari situs vivanews.com, kata kuncinya adalahgempa bumi site:www.vivanews.com


  • Mungkin sebagian dari anda ada yang ingin mencari informasi dalam bentuk file-file tertentu misal anda ingin mencari  video dalam format flv atau ingin mencari ebook cara merakit komputer dalam format pdf, anda tinggal menulis "merakit komputer" filetype:pdf


  • Arti tombol I'm Feeling Lucky atau dalam bahasa Indonesianya Saya Lagi Beruntung yaitu untuk  langsung menuju situs web paling pertama yang muncul dari hasil pencarian google. 


  • Selain trik-trik diatas anda juga bisa menggunakan pengaturan-pengaturan yang telah disediakan di situs google itu sendiri dengan mengklik link advanced search  (Penelusuran Lanjutan).
3.    Bagaimana cara menyimpan halaman web ?
Jika anda sering browsing di Internet, tentu saja sering menyimpan halaman web, agar dapat anda gunakan suatu saat nanti tanpa harus online. Secara default jika anda menggunakan Internet Explorer, maka halaman web akan disimpan dalam format file Web Page, complete (*.htm,*.html), dimana anda akan mendapatkan sebuah file *.html dan sebuah folder yang berisi file-file gambar yang berada pada halaman web tersebut.
Agar lebih praktis, sebenarnya anda dapat menyimpan file berisi .html dan file-file gambar yang berada di halaman web tersebut dalam sebuah file saja, sehingga hasil penyimpanan halaman web anda akan menjadi lebih rapih.
Caranya adalah saat anda menyimpan halaman web di internet explorer (File > Save As…), pada jendela Save As yang muncul di menu [Save as type:] tekan tanda panah (menu drop down), dan pilih Web Archive, single file (*.mht). Kini halaman web anda disimpan dalam format *.mht, dimana file *.html dan file-file gambar yang ada di halaman web disimpan dalam satu file tersebut.
Jika anda hanya membutuhkan teks yang ada pada halaman web saja dan tidak ingin mengikut sertakan menyimpan gambar yang ada pada halaman web, ada baiknya anda memilih Save as type:  (Web Page, HTML only) jika ingin menyimpannya masih dengan format *.html atau (Text File) jika anda ingin menyimpannya dalam format * .txt.
Jika hal ini anda lakukan tentu saja akan membuat ukuran file yang anda simpan menjadi lebih kecil. Selamat mencoba. (wp)
4.   Jelaskan langkah – langkah mencetak halaman web ?
a.     Buka browser internet Anda dan membuka halaman web yang ingin Anda cetak. Sebagian besar waktu halaman sudah terbuka ketika Anda sedang browsing online atau melakukan penelitian sebelum Anda memutuskan untuk membuat sebuah cetakan. Dalam contoh ini, Im menggunakan browser Mozilla Firefox internet, tetapi langkah ini juga sama ketika Anda menggunakan browser yang berbeda. Aku memutuskan untuk mencetak halaman yang ditampilkan di sebelah kiri tentang topik tentang bagaimana untuk menghasilkan uang.

b. Pada menu bar browser, buka File> Print Preview. Print Preview Mode akan ditampilkan. Di sinilah Anda bisa melihat halaman sebelum dicetak. Pada bagian atas halaman, Anda dapat melihat kontrol yang memungkinkan Anda untuk mengubah pengaturan seperti fitur zoom, orientasi kertas, dan tombol navigasi berguna. Gulir halaman (jika halaman lebih dari satu) untuk melihat berapa banyak halaman yang ingin Anda cetak.

c. Ketika Anda siap untuk mencetak, klik tombol Cetak terletak di pojok kiri layar. Printer kotak dialog akan muncul. Tetapkan preferensi pencetakan dengan mengklik tombol Properties lalu pada tab yang sesuai. Jika Anda hanya ingin mencetak halaman tertentu, menetapkan jumlah halaman yang ingin Anda cetak dalam pilihan Print Range.

d. Load obligasi kertas ke dalam printer Anda sebelum mengklik tombol OK pada kedua kotak dialog. Sebuah pesan status akan ditampilkan pada layar Anda membiarkan Anda tahu bahwa pencetakan pada kemajuan.

e. Anda sekarang telah salinan cetak dari halaman web! Tutup mode Print Preview dan melanjutkan dengan pekerjaan Anda.
5.      Jelaskan fungsi tombol perintah pada web browser
a.       New tab : membuka tab baru ( pada web browser yang mendukung tab browsing )
b.       Back : menuju ke halaman sebelumnya
c.        Fordward : kembali ke halaman web yang baru di akses
d.       Bookmark : menyimpan halaman web yang disukai



Tidak ada komentar:

Posting Komentar